Komentar

Cara Memasang Tombol Share Atau Bagikan Ke facebook, twitter, google+ di blog

Share on :

Sabtu, 22 September 2012

My Opini


Pengaruh Globalisasi Terhadap Kebiasaan Belajar
Hai sobat apakah kalian tahu arti dari Globalisasi?? Pastinya kalian semua tahu apa arti dari Globalisasi.. Yup, Globalisasi berasal dari kata global yang mempunyai arti yang mendunia. Globalisasi menyebar melalui lingkungan dan merembet ke seluruh aspek kehidupan manusia.
Sobat.. tanpa kita sadari, globalisasi memunculkan dampak negatif terhadap kebiasaan belajar lho.. Sering kita jumpai banyak anak sekolah yang malas untuk belajar, baik di sekolah maupun di rumah. Lingkungan adalah satu faktor yang bisa mempengaruhi kebiasaan belajar, dari faktor keluarga maupun dari kita sendiri. Lingkungan yang di maksud adalah lingkungan bersifat abstrak atau istilahnya di sebut sebagai dunia maya dan juga lingkungan yang bersifat konkret atau dunia nyata. Kategori dunia maya dapat di contohkan seperti playstation(PS), TVdan lingkungan kita. Jika kita di suruh untuk mencari informasi pelajaran menggunakan internet, kita malah membuka facebook, twitter dan lain sebagainya.  Jadi, tak heran lagi ketika kita kita disuruh atau di paksa untuk belajar, banyak sekali alasan yang di lontarkan oleh kita, karena kita masih asyik bermain playstation (PS), game online, bermain facebook dan menonton televisi. Globalisasi juga membuat kita menjadi bosan belajar, mengabaikan tugas-tugas dari sekolah dan melupakan kewajiban kita untuk belajar.
Globalisasi tidak hanya memunculkan dampak negatif pastinya ada dampak positifnya lho.. Jika kita dapat menggunakan fasilitas di dunia maya dengan baik kita akan dapat manfaatnya. Dengan kebiasaan kita belajar kita dapat menemukan banyak manfaat, selain menjadi pintar, masih ada juga lho manfaatnya.. Mau tahu?? Oke.. manfaatnya adalah kita dapat menambah wawasan, mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang lebih baru.

 Dampak positif dari kebiasaan belajar menggunakan internet bagi kita adalah kita dapat Memperoleh Informasi, Hampir semua informasi bisa di cari di internet. Hanya dengan mengetikkan kata kunci di search engine seperti google atau yahoo, dalam sekejap pelajar bisa mencari informasi yang di inginkan. Mau cari informasi dan berita terbaru hingga pengetahuan umum bisa dengan mudah di dapatkan di internet. Sebagai Media Belajar Menulis, Saat ini banyak pengguna internet memiliki blog sebagai media berbagi informasi. Jika siswa pelajar memanfaatkan internet untuk ngeblog, maka pelajar tersebut juga belajar menulis, belajar berpendapat, belajar mengarang baik fiksi atau berita fakta lewat tulisan. Tulisan bisa apa saja tergantung pemiliknya, mau di isi dengan tulisan yang bertemakan pendidikan, hobby, berita atau diary online juga bisa.Sebagai Sarana Bersosialisasi, Buat pelajar yang suka berteman dan bersosialisasi, pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya facebook atau twitter. FB dan Twitter merupakan situs jejaring sosial yang paling banyak di gunakan untuk bersosialisasi secara online di internet. Dengan ber Fb an atau twitteran pelajar bisa membuat status dan saling berkomentar, salaing diskusi, berpendapat serta tukar pengelaman dengan teman FB.Untuk Menambah Wawasan Dan Ilmu Pengetahuan, Buat pelajar yang ingin menambah pengetahuan umum, pemanfaat internet bagi pelajar sangat berguna sekali. Mau cari artikel ilmiah, berita terkini, atau informasi umum lainnya bisa dengan mudah dan cepat di cari di internet.
Sebetulnya masih banyak sekali dampak positif globalisasi internet untuk kita. Yang penting adalah penggunaan internet untuk meningkatkan mutu belajar dan prestasi serta penggunaan internet untuk hal hal yang benar dan positif.

            Ayo sobat marilah tingkatkan wawasan kita dan ilmu pengetahuan dengan kebiasaan kita belajar dengan teratur dan tidak ber malas-malasan agar memperoleh hasil yang  Jika dampak negatifnya kita lupakan, sebaiknya belajar dari pada bermain karena dengan belajar kita mendapatkan wawasan yang luas. Buanglah sifat malas kita untuk belajar. 


 Aini Nahdlia Puspita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar